1. Memperkirakan nilai SBMPTN

Karena nilai SBMPTN ga dipublish, alangkah baiknya kamu membuat perkiraan nilai SBMPTN-mu sesuai dengan kunci jawaban dari bimbel atau internet. Dari perkiraan tersebut, kamu jadi punya gambaran kasar, apakah nilai SBMPTN-mu itu jeblok atau enggak.

2. Daftar setelah pasti tidak diterima SBMPTN

Apabila kamu lihat di jadwal pendaftaran beberapa PTN di atas, terlihat bahwa pendaftaran seleksi mandiri tersebut sudah membuka pendaftaran sejak jauh-jauh hari sebelum pengumuman hasil SBMPTN. Apabila kamu mendaftar sebelum pengumuman dan ternyata diterima di SBMPTN, maka otomatis seleksi mandiri mu tidak akan diproses dan uang pendaftarannya hangus. Jadi untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mendaftar setelah pengumuman SBMPTN.

FAQ

Q: Kalo sbm kemaren ngga di universitas yg ada daftar di atas, apakah bisa daftar seleksi mandirinya?

A: Untuk Unsoed dan Unhas ga bisa, untuk PTN lainnya bisa

Q: Saya diterima di plihan 3 SBMPTN. Tapi saya tidak suka dengan pilihan 3. Bolehkah saya mengikuti UM nilai SBMPTN?

A: Tidak bisa. Kamu bisa mengikuti ujian mandiri dengan mekanisme ujian tertulis seperti UTUL UGM, UTM IPB, SMMPTN Barat, dll.

Q: kalo kita mau daftar bisa tau nilai sbmptn gak? Takutnya nilai sb malah gak bagus

A: Tidak bisa tau. Oleh karena itu aku saranin buat nyocokin jawabanmu dengan kunci jawaban SBMPTN yang beredar di internet

Q: kalo pas sbm ambil saintek terus ini mau ambil soshum bisa gak?

A: Tidak bisa. Kalau SBMPTN ambil IPC, bisa. Kamu bisa mengikuti ujian mandiri dengan mekanisme ujian tertulis seperti UTUL UGM, UTM IPB, SMMPTN Barat, dll. trus ambil soshum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.