Persyaratan umum untuk mengikuti seleksi mandiri dengan nilai SBMPTN antara lain:

  • Mengikuti SBMPTN
  • Tidak diterima di SBMPTN
  • Mendaftar sesuai dengan kelompok jurusan di SBMPTN dulu. Apabila di SBMPTN  kamu mendaftar saintek, maka di seleksi mandiri ini kamu cuma bisa daftar saintek, begitu pula sebaliknya.
  • Tidak harus memilih SBMPTN di PTN tersebut. Namun khusus untuk seleksi mandiri Unsoed dan Unhas, di SBMPTN kamu juga harus memilih PTN tersebut.

Mekanisme pendaftaran, biaya dan detail persyaratan bisa kamu cek ke masing-masing website PTN di atas.

Keuntungan dan Kerugian Ujian Mandiri Memakai Nilai SBMPTN

Keuntungan

1. Di SBMPTN bisa set pilihan jurusan agak tinggi

Nah dengan banyaknya PTN yang menggunakan sistem di atas, keuntungannya, kamu bisa memilih jurusan dengan persaingan yang tinggi di SBMPTN. Selama ini banyak yang memilih pilihan kedua dan ketiga SBMPTN sebagai pilihan yang “aman”. Karena banyak yg khawatir ga bakal diterima seandainya nilainya jelek. Nah dengan banyaknya PTN yang memakai nilai SBMPTN di seleksi mandirinya, maka kamu bisa set pilihan yang tinggi, dengan asumsi apabila kamu ga lolos di target jurusan yg tinggi tersebut, nilaimu masih bisa digunakan buat daftar di beberapa PTN yg ujian mandirinya memakai nilai SBMPTN tersebut. Asalkan nilai SBMPTN-mu ga jeblok.

2. Bisa daftar di beberapa PTN sekaligus

Kamu bisa daftar di beberapa PTN sekaligus, tanpa disibukkan oleh tes. Tinggal daftar, dan nunggu pengumuman aja. Jadi usahakan kamu punya simpanan duit yang banyak apabila emang pengen daftar di beberapa PTN.

Kerugian

1. Tidak bisa memperbaiki nilai SBMPTN

SEANDAINYA nilai SBMPTN-mu terlanjur jeblok, entah karena nervous pas hari H atau ada kendala lain, maka akan susah juga diterima di seleksi ini. Oleh karena itu usahakan buat mendapatkan nilai setinggi mungkin di SBMPTNnya.

2. Tidak bisa mengetahui nilai

Ini salah satu hal yang menurutku cukup aneh dari mekanisme seleksi ini. Peserta ga mengetahui nilai SBMPTNnya, tapi dia mendaftarkannya untuk sebuah seleksi yang hasil rankingnya juga tidak dia ketahui pula. Jadi ketidaktransparanan yang berlapis-lapis.

Beberapa Tips Memaksimalkan Peluang di Sistem Seleksi Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.