Terdapat 2 (dua) jenis status kemahasiswaan di STIS, yaitu Mahasiswa Ikatan Dinas (ID) dan Mahasiswa Tugas Belajar (TB).

  1. Mahasiswa Ikatan Dinas (ID) merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA (untuk program D4) dan lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS (untuk program D3) yang memenuhi syarat-syarat tertentu dan direkrut melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) STIS yang diadakan setiap tahun. Mahasiswa ID memiliki hak dan kewajiban yang dituangkan dalam bentuk Surat Perjanjian Ikatan Dinas dengan Negara yang dalam hal ini diwakili oleh STIS/BPS. Dalam Surat Perjanjian Ikatan Dinas antara lain disebutkan bahwa selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan dan mahasiswa mendapat tunjangan ikatan dinas (uang saku) sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta setelah lulus dari STIS mahasiswa Ikatan Dinas akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota dan tidak diperbolehkan keluar dari BPS selama 2 (dua) kali masa pendidikan secara berturut-turut.
  2. Mahasiswa Tugas Belajar (TB) merupakan pegawai BPS, Kementerian, BUMN/BUMD, TNI/POLRI, dan Badan-Badan Pemerintah lainnya atau swasta serta mahasiswa asing yang ditugaskan oleh instansi atau negaranya untuk menimba ilmu statistika/komputasi statistik di STIS dan memenuhi syarat-syarat tertentu. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas.

Dari materi tes yang ada, sebagian besar memang terlihat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa persaingan untuk mendapatkan kursi pendidikan di STIS sangatlah ketat.

Download Latihan Soal USM STIS

Soal :

Pembahasan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.